Perlu hati-hati pada external link

Pernah melihat tampilan seperti ini? Screenshot di atas saya ambil sudah rumayan lama. pernah saya tuliskan juga apa gerangan penyebab phising tersebut, pada blog terdahulu yang kini sudah almarhum. sekarang coba saya tuliskan kembali disini .

Blogger, webmaster dkk yang ahli dalam bidang blog mungkin menganggap ini sudah basi, tapi untuk user baru dalam dunia blogging perlu mewaspadai hal tersebut. tampilan diatas, saya peroleh saat google chrome mendeteksi aliran malware dari external link hidup yang ada dalam blog. Google manganggap ini adalah aliran program jahat, meskipun pada kenyataanya blog pribadi saya tidak menuliskan sedikitpun tentang program jahat.

Link hidup, menurut versi karepQno adalah link yang menghubungkan pada alamat tertentu secara langsung dalam sekali klik tanpa direct dan pihak ke tiga. Pada dasarnya phishing ini terjadi karena saya menaruh sebuah external link (website teman), awalnya tidak ada masalah ataupun kendala. tapi saat beliau menguji sebuah program (kurang jelas program apa namanya) semua blog yang me-link ke websitenya dengan cepat tertular dampak dari program tersebut. di atas adalah gambaranya.

Yang unik lagi, browser seperti internet explore, firefox tidak mampu mendeteksi seperti google chrome. jadi beberapa teman tidak menyadari, jika blognya terkena aliran program yang dianggap jahat.

Apa dampak dari hal tersebut?
Sudah jelas, membuat pengunjung takut, google juga nggak mungkin menampilkan pada hasil pencarian, kalaupun di tampilkan setidaknya peringatan seperti di atas akan kita temui.

Solusinya?
kurang tahu juga bagaimana harus menyikapinya. untuk sementara ini saya hanya bisa mematikan link hidup kecuali pada external link yang sudah saya percayai, jika dalam content weblognya tidak ada sedikitpun aliran program jahat. menggunaan google chrome hukumnya wajib. antivirus harus keren. setidaknya satu dari solusi ini  perlu di terapkan tidak harus menerapkan semua.


Perhatian untuk komentar: saya mengakui, betapa pentingya sebuah  komentar pengunjung blog. tapi tidak dengan melakukan spaming url. karepQno memberi lampu hijau untuk mas bro-mas bro yang mambangun backlink dengan menggunakan nama dan url sesuai yang admin tuliskan pada atas tab komentar.

Blogger versi draft yang saya pakai saat ini rumayan manteb untuk pendeteksian spam, jadi mohon maaf kepada teman-teman jika komentar tidak tampil, itu bukan kehendak saya pribadi, tapi dari kebijakan moderasi komentar blogger yang nyasar pada bagian spam. mau tidak mau saya harus menghapus dari spam, mengingat peringatan keras blogger & google terhadap spam. ^_^ salam blog walking untuk semua_

1 komentar:

Luthfi All mengatakan...

Mantep mas ilmunya....!!!
thanks yaa??

Posting Komentar

to blog walking use name/url

previous next Home