Sedikit cerita tentang shorten URL

Yang namanya sedikit berarti tidak banyak ya bro. Pengen berbagi beberapa pengalaman yang pernah saya alami saat menggunakan shorten URL. Awalnya cuma  pengen shared informasi ke social network, karena urlnya kepanjangan jadi saya menggunakan layanan shorten tersebut, tapi apa yang terjadi hasil pemendekan itu? nggak jelas.

Yang kita kenal dan cukup populer adalah bit.ly dan goo.gl. bahkan bit.ly punya url khusus untuk facebook yaitu on.fb.me

Pertanyaan: Seberapa bahaya nggak sih layanan shorten url itu?

  1. TIDAK jika pengguna pemendek URL tersebut menuliskan sedikit keterangan yang dapat meyakinkan pembaca kalau link tersebut tidak berbahaya. atau jika anda memiliki antivirus yang keren.
  2. BERBAHAYA jika pengguna pemendek URL tersebut TIDAK menuliskan sedikitpun keterangan. (mending nggak usah di klik), tapi jika anda tetap merasa penasaran Apa sih isinya?, pastikan account dalam posisi offline saat membuka/ klik hasil shorten url yang anda temui. 
Sering kali saya menjumpai banyak aplikasi spam di facebook yang disamarkan menggunakan pemendek url, ditambah foto sedikit bugil yang memaksa rasa penasaran untuk klik. kalau hanya spam biasa bukan hal yang menakutkan, tapi jika yang dijumpai fake login dkk? saya kurang tau apa yang akan terjadi.

Kembali ke Topik - Berbeda, Yang baru saja kemarin saya alami adalah pendeteksian sebagai malware, padahal yang saya pendek'kan cuma berita biasa, yang saya ambil dari salah satu E-news indonesia. akhirnya account pada social network berwarna biru itu di block  web security, dan tidak dapat dibuka lagi.

Mulai dari sekarang saya pindah ke mcaf.ee shorten url dari antivirus ternama mcafee. dengan harapan siapapun yang melihat hasil pemendekan link saya tidak ragu lagi, karena mcafee yang cukup meyakinkan untuk pendeteksian virus ataupun malware. tapi untuk automatic shorten karepQno.blogspot.com ke twitter saya belum menemukan cara untuk merubah. karna itu langsung dari google yang semoga aman juga.

Wow.. kok jadi panjang lebar gini ya.. terpaksa judul saya ganti dengan Banyak cerita tentang shorten URL agar sesuai dengan isi posting.

1 komentar:

bagollum mengatakan...

ane sering banget pake urlkedotcom,
n tetep ok2 aj,
+1 dulu gan,
^_^

Posting Komentar

to blog walking use name/url

previous next Home