Hujan spam di blog



Hufh, pagi ini kontrol comment blog dikejutkan dengan ratusan comment yang di deteksi sebagai spam. setelah kuhapus saya mengira sudah selesai, tapi itu salah. muncul lagi, muncul lagi dan muncul lagi spamnya. yang bikin pegel kurang lebih 4 comment per minutes, sampai sekarang masih jalan terus.
Spam sebelumnya masih bisa terkontrol dengan baik, memungkinkan untuk di netralkan, tapi kali ini ratusan spam yang masuk delete all mungkin pilihan yang tepat.
Spam yang masuk, memakai IP berbeda, dengan alamat web dan email yang berbeda juga, tapi isi pesanya sama. prediksi saya spamer ini menggunakan semacam tools (entah itu scammer ataupun scrapbox backlink) kurang tahu tepatnya. yang jelas ini mengganggu. Mending kalau comment nya nyambung, ini nggak jelas dan nggak nyambung sama sekali.

Mungkin kedepanya saya akan menerapkan capta pada tap comment, sayang untuk sekarang ini belum bisa access root, karena pihak hosting (gratisan) sedang maintenance. kurang tahu sampai kapan mereka dalam masa perawatan.

Gimana nie sob, apa yang harus saya lakukan untuk sementara ini, sambil menunggu hosting (gratisan) ready untuk di ubek-ubek?

0 komentar:

Posting Komentar

to blog walking use name/url

previous next Home